CEO Mandiri Capital Bocorkan Yang Dicari Investor Untuk Startup

Pertumbuhan startup di Indonesia yang semakin pesat, memunculkan unit usaha atau perusahaan yang membantu mengucurkan dana untuk keberlangsungan startup (Venture Capitals). Pada tanggal 8 November 2018 after office, Pak Eddi Danusaputro selaku CEO Mandiri Capital Indonesia berbagi pengetahuan mengenai Venture Capitals di MeetMi Smart & Creative Space. Mandiri Capital Indonesia (MCI) adalah Perusahaan Modal Ventura yang dimiliki oleh Bank Mandiri, yang berkomitmen untuk membawa inovasi melalui sinergi antara startup Fintech dan Mandiri Group.

Model bisnis Venture Capitals ini memicu banyak pertanyaan seperti mengapa mereka berani berinvestasi pada bisnis startup yang mempunyai potensi kegagalan sekitar 90%? Faktanya nih, beliau menyampaikan bahwa investasi kepada startup company di Indonesia mengalami pertumbuhan sejak 2012 hingga mencapai USD 3 Bn dengan rata rata deal value terus meningkat mencapai USD 56 Mn lho.

Pak Eddi juga berbagi kepada audience yang rata-rata dari startup Indonesia, seperti β€œwhy Investor won’t invest in your startup?”. Ternyata ada beberapa aspek yang menjadi alasan oleh Investor seperti Venture Capitals tidak ingin investasi di startup kalian, seperti: startup nya tidak memecahkan persoalan, market yang tidak begitu besar dan meluas, dan lack of focus. Lalu apa sih yang dilihat oleh para investor? Tenang, Pak Eddi juga menjelaskan bahwa aspek-aspek yang akan menarik investor adalah problem solving, uniqueness, dan validation. Nah, teman-teman startup sudah punya aspek itu belum? 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *